Friday 28 August 2015

Fardhu Nya Wudhu

"Fardhu Nya WUDHU"


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ



Lansung saja. kali ini saya mau membahas Fardlu_nya Wudlu.

Setiap orang yang mau melakukan Sholat Terlebih dahulu di wajibkan untuk melakukan Wudlu / Bersuci.
Karena wudlu itu syarat SAH nya sholat. karena bunyi surat dalam alquran :
"Hai Orang-orang yang beriman , Ketika kalian mau melaksanakan Sholat maka basuhlah muka kalian semua, dan kedua tangan kalian sampai kedua sikut kalian, Dan usaplah kepala kalian dan basuhlah kaki kalian."

Perkara yang wajib di lakukan ketika Wudlu Itu Ada 6 ( enam ) : 
  1. Niat yang bersamaan dengan membasuh muka
  2. membasuh muka. ( sunnah nya 3 kali, yang pertama membasuh muka bersamaan dengan niat. maksudnya ketika membasuh muka hatinya niat berwudlu, jangan sasmpai lupa tidak niat wudlu. dan sebelum niat dan membasuh wajah sunnahnya menghadap QIBLAT, lalu mencuci kedua telapak tangan sampai kedua pergelangan tangan.) Batasnya muka itu mulai tempat tumbuhnya rambut kepala sampai janggut. lebarnya Muka itu : Mulai Pentil telinga kanan sampai kiri. merahnya ke 2 ( dua ) bibir itu termasuk wajah, jadi wajib di basuh. seperti : rambut,rambut bulu mata, alis, jambang, kumis, jenggot.
  3. membasuh kedua Tangan sampai kedua sikut. ( sunnahnya : tangan yang sebelah kanan di basuh air terlebih dahulu sampai 3 ( tiga ) kali. baru setelah itu yang sebelah kiri.
  4. mengusap setengahnya kepala ( maksudnya rambut kepala ). sunnahnya mengusap setengahnya kepala itu 3 ( tiga ) kali. dan sunnahnya lagi : setelang mengusap setengahnya kepala disunnahkan untuk mengusap kedua telinga 3 ( tiga ) kali.
  5. Membasuh kedua kaki sampai kedua tumit. ( sunnah nya Kaki kanan di basuh air 3 ( tiga ) kali terlebih dahulu, baru setelah itu giliran kali kiri juga 3 ( tiga ) kali.
  6. Tertib. Maksudnya : waktu melaksanakan fardlunya wudlu itu harus urut seperti yang sudah di sebutkan tadi. kecuali niat dan membasuh muka.
Jadi seandainya tidak tertib.seperti seandainya setelah membasuh muka lalu membasuh kaki lalu membasuh tangan, dan semua yang tidak tertib maka Tidak Sah Wudlu_ nya.

NB : Yang DI maksud Dengan  Membasuh itu air nya harus mengalir, dan yang di maksud mengusap itu airnya tidak harus mengalir.



Ini Niat nya Wudlu : 


"Nawaitul Wudhu'a Liraf'il hadashil ashGori fardhal lillahi ta'aala"

setelah selesai mandi atau wudlu maka di sunnahkan menghadap Qiblat dan menghadap ke atas karena atas itu Qiblatnya do'a. dan kedua tangan di angkat lalu membaca do'a seperti berikut :

Ini Do'a sehabis Wudlu


Semoga bermanfaat.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Penulis :  Muklash

No comments:

Post a Comment