Friday 28 August 2015

Adzan

"ADZAN"

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


kali ini saya mau mebahas tentang ADZAN


Buat seorang laki-laki, setiap mau melakukan sholat fardhu 5 ( lima ) waktu. meskipun melakukan sholat sendiri ataupun berjamaah di sunnahkan untuk adzan dan iqamah ( meskipun sholat Qodho' ).

ketika melakukan adzan harus tertib,tartil,dan harus keras suaranya. maka di sunnahkan pula ujung jari telunjuk kedua tangan di dekatkan di kedua lubang kuping.

ketika sudah masuk waktu sholat belum ada orang yang sholat fardhu. meskipun sholat sendiri.
ketika ada orang yang sholat fardhu,maka tidak sunnah dengan keras suaranya.
adapun Iqamah itu sunnah meskipun selain laki-laki dan sendiri.
iqamahnya dengan cepat dan tidak keras,sekedar orang yang yang ada di tempat itu bisa mendengar.
Dan tidak di sunnahkan perempuan iqamah untuk laki-laki.
sunnahnya adzan dan iqamah itu dengan berdiri.

Lafadz Adzan : 


Orang yang melakukan adzan atau iqamah itu di sunnahkan menghadap ke Qiblat dan menoleh 1 ( satu ) kali lehernya ke kanan  ketika membaca "Hayya 'Alas sholah" 2 ( dua ) kali. Dan menoleh  1 ( satu ) kali lehernya ke kiri ketika membaca "Hayya 'Alal Falaah" 2 ( dua ) kali.
Adapun Dada dan Ke dua kaki tetap pada tempatnya menghadap ke Qiblat.

Pengingat : Ketika Adzan Subuh Sesudah membaca "Hayya 'Alal Falaah" 2 ( dua ) kali. supaya di tambah kalimat seperti ini.

2 ( dua ) kali pengucapan

Makruh adzan buat orang yang belum bersuci / wudhu / masih berhadas, terlebih lagi Iqamah.

adapun orang yang mendengar adzan atau iqamah meskipun hadas , junub , haid , Nifas, atau mau makan, atau membaca alquran, Dzikir, dan lainnya. selagi ketika tidak mau melakukan pipis atau buang air besar atau ketika tidak didalam tempat pipis atau berak. maka sunnah berhenti mendengarkan dan menjawab suara Adzan dan Iqamah.

Bacaan Iqamah : 





Orang yang adzan atau iqamah atau orang yang mendengar atau mendengarkan adzan atau iqamah, sebelum dan sesudah adzan atau iqamah sunnahnya membaca sholawat  kepada nabi muhammad SAW. lalu membaca Doa' sesudah adzan atau iqamah. karena siapa orang yang membaca do'a sesudah adzan atau iqamah. akan di syafa'ati oleh baginda Nabi Muhammad SAW

ini bacaan Doa sesudah adzan Dan Iqamah : 





Cukup sekian pengertian yang saya bagikan. apabila ada kekurangan tulisan yang mungkin saudara/i yang lebih tau di mohon untuk di kritisi / komentari.




وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ




Penulis : Muklash

No comments:

Post a Comment